fbpx

6 Tips Menulis Essay Bahasa Inggris yang Berkualitas

Mungkin beberapa orang ada yang berpendapat bahwa menulis essay bahasa inggris adalah hal yang cukup menantang. Apalagi, untuk orang yang masih belum terbiasa dan tidak terlalu suka menulis. Tetapi, penting untuk kamu ketahui, bahwa kemampuan menulis sangat penting dan dibutuhkan dalam dunia akademik maupun profesional. Menulis essay dalam bahasa inggris adalah salah satu cara untuk menyampaikan berbagai pendapat (opini) seseorang yang ingin disampaikan. Namun, mungkin kamu masih belum mengetahui bagaimana cara menulis essay yang baik dalam bahasa inggris? Tenang saja, kali ini kamu akan memahami struktur hingga tips menulis essay yang berkualitas dalam bahasa inggris. Mari kita simak penjelasan dalam artikel ini!

Pengertian Essay

Essay adalah sebuah tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf panjang. Essay berisi sebuah pendapat, argumen atau pandangan dari seorang penulis tentang berbagai topik tertentu dengan menggunakan bahasa inggris. Dalam menulis essay bahasa inggris, penulis diharuskan untuk menyampaikan informasi dengan fakta atau bukti yang relevan untuk meyakinkan pembaca. Dalam menyampaikan pesan, penulis juga harus bisa menggunakan kalimat dengan menarik supaya mempertahankan minat mereka untuk menyelesaikan tulisan yang telah dibuat.

Struktur Essay Bahasa Inggris

Secara umum ada 3 point penting dalam menulis essay bahasa inggris. Berikut adalah penjelasannya:

1. Introduction (pendahuluan)

Struktur yang pertama yaitu diawali dengan menulis introduction atau yang berupa pendahuluan dari sebuah paragraf. Tujuan membuat introduction yaitu untuk memperkenalkan topik yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca. Untuk menyatakan tujuan dari essay, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Berikan pembukaan paragraf yang berisi general statement atau pernyataan umum tentang topik yang ingin disampaikan. 
  • Kemudian, berikan informasi umum tentang topik yang ingin dibicarakan. Awali dengan kata-kata yang menarik, sehingga pembaca bisa dengan mudah tertarik dengan bacaanmu. 

2. Body Paragraph (isi)

Struktur menulis essay bahasa inggris yang kedua yaitu Body Paragraf atau isi. Di dalam isi paragraf kamu harus mampu untuk mengembangkan argumen dan menyampaikan kalimat topik yang berhubungan langsung dengan dengan tesis/pernyataan utama.

3. Conclusion (penutup)

Struktur yang ketiga yaitu Conclusion atau penutup paragraf. Conclusion adalah bagian akhir dari suatu paragraf yang penting saat menulis esai. Dalam menulis Conclusion, kamu harus memberitahu pembaca bahwa kamu sudah menyelesaikan essay tersebut. Dalam menulis conclusion perlu kamu perhatikan beberapa hal berikut:

  • Ringkasan dari poin-poin utama. Kamu bisa memulai dengan menulis pernyataan ulang dari tesis dengan kata-kata yang berbeda. Jangan lupa pastikan kesimpulan yang kamu buat terhubung secara integral.
  • Kamu juga bisa menggunakan ide-ide dari body paragraf (isi) untuk membuat kesimpulan dengan kalimat yang berbeda.

Tips Menulis Essay Bahasa Inggris yang Berkualitas

Setelah kamu mengetahui struktur dari menulis essay bahasa inggris, kamu juga wajib tahu tips untuk menulis essay yang berkualitas, Berikut penjelasannya!

1. Tentukan Tema atau Judul Essay

Langkah pertama dalam menulis essay bahasa inggris adalah menentukan tema atau topik yang ingin kamu bahas. Pastikan topik yang kamu pilih relevan dengan tujuan penulisan dan menarik perhatian audiens. Jika kamu menulis esai akademik, tema sering kali diberikan oleh pengajar dari lingkup sekolah saja. Namun, jika kamu diberi kebebasan untuk memilih, pastikan topiknya spesifik dan harus menarik. 

2. Lakukan Riset 

Setelah menentukan tema, langkah menulis essay bahasa inggris selanjutnya adalah melakukan riset mendalam untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan akurat. Gunakan berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal, dan situs web yang terpercaya untuk memperkuat argumen kamu. Ingat, essay yang baik selalu didasarkan pada fakta dan bukti yang kuat.

3. Buat kerangka essay

Sebelum mulai menulis, buatlah kerangka (outline) yang akan membantumu dalam mengarahkan ide-ide yang akan kamu kembangkan nantinya. Kerangka ini harus mencakup Introduction, body paragraf (isi) dan Conclusion (kesimpulan) di dalam essay. Dalam menulis essay bahasa inggris, terutama saat membuat kerangka, kamu bisa memulainya dengan menggunakan bahasa indonesia terlebih dahulu. Setelah selesai membuat kerangkanya, barulah kamu bisa langsung menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris. Perlu diingat bahwa, dalam bagian isi essay, pastikan setiap paragraf memiliki satu gagasan utama yang didukung oleh argumen atau bukti yang konkret. 

4. Gunakan kata-kata yang menarik

Agar esai terasa lebih menarik dan tidak terkesan monoton, kamu bisa menggunakan kata-kata atau frasa dalam paragraf seperti berikut ini: 

  • “Furthermore” (selanjutnya). Kata ini biasanya digunakan untuk melanjutkan atau menambah penjelasan lebih lanjut tentang informasi sebelumnya.
  •  “In addition” (kesimpulannya). Kata ini juga sering digunakan diakhir paragraf dalam membuat kesimpulan.
  • “However” (namun/akan tetapi). Kata ini digunakan dalam essay untuk menerangkan pernyataan yang berlawanan.
  • “On the other hand”. (disisi lain/disamping itu). Kata ini digunakan untuk menyatakan kondisi yang kontras dengan kalimat sebelumnya.

Beberapa kata-kata diatas adalah contoh yang akan membantu kamu menghasilkan karya tulisan dengan gaya bahasa yang menarik dibaca oleh audience. Dengan menggunakan kata-kata tersebut tulisanmu juga akan lebih hidup dan efektif. 

5. Perhatikan penggunaan tata bahasa

Saat menulis essay bahasa inggris, perhatikan penggunaan tata bahasa (grammar) yang tepat. Hindari kesalahan dalam penggunaan tenses, preposisi, atau kata ganti dalam membuat kalimat. Jika dirasa masih ragu akan ada kesalah penulisan essay yang ditulis dalam bahasa inggris, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti Grammarly untuk memeriksa tata bahasa dan gaya penulisannya.

6. Revisi Essay

Setelah menyelesaikan draft pertama, luangkan waktu untuk merevisi esaimu. Bacalah esai dengan teliti untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau logika yang mengganggu alur pemikiran. Jangan ragu untuk melakukan perbaikan jika dirasa sangat diperlukan, karena revisi adalah bagian penting dari proses penulisan.

Baca juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Rumus, Kegunaan, dan Contohnya

Gimana? Setelah membaca artikel di atas, sekarang kamu pasti lebih paham dan percaya diri untuk menulis esai bahasa Inggris dengan tepat dan berkualitas bukan? Menulis essay memang butuh proses dan latihan, tapi dengan tips yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menghasilkan essay yang lebih terstruktur dan menarik untuk dibaca. 

Untuk kamu yang ingin menguasai bahasa inggris lebih dalam terutama dalam kemampuan menulis, kamu bisa ikut kursus di Medan Titik Nol English Course ! Disana, kamu pasti bakalan ketemu dengan kakak-kakak tutor yang kece dan pastinya bikin seru abis. Metode pembelajarannya juga nggak kalah asyik dan pastinya menyenangkan.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Chat admin