fbpx

Daftar Universitas di Turki Terbaik yang Menawarkan Beasiswa Saat Ini

Daftar Universitas di Turki Terbaik yang menawarkan Beasiswa

Turki telah menjadi destinasi popular bagi para pelajar internasional yang mencari pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau. Bukan hanya menawarkan infrastruktur pendidikan yang modern dan program akademik yang beragam, turki juga dikenal dengan kesempatan besar untuk mendapatkan berbagai jenis beasiswa. Beberapa daftar universitas terbaik di Turki juga secara aktif memberikan dukungan keuangan kepada mahasiswa internasional yang berprestasi, seperti pembebasan biaya kuliah, bantuan biaya hidup, akomodasi, serta kesempatan untuk mengikuti program penelitian atau magang.

Daftar Universitas di Turki

Para pelajar internasional yang memilih Turki tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam dalam lingkungan yang multicultural, tetapi jugas akses mudah ke pasar global yang strategis. Hal ini memungkinkan mereka untuk membangun jaringan professional yang luas dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika global. Dengan lokasi geografisnya yang strategis, Turki juga menjadi gerbang antara Eropa, Timur Tengah, dan Asia, memberikan peluang tambahan bagi mahasiswa untuk mengembangkan wawasan internasional mereka.

Dengan demikian Turki tidak hanya menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas, tetapi juga investasi yang berharga dalam pengembangan karir akademis dan professional bagi pelajar internasional. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa melimpah menjadikan Turki sebagai destinasi pendidikan yang unggul dan biaya terjangkau.

Teruntuk kamu yang tertarik kuliah di Turki dan mendapatkan biaya pendidikan, kamu bisa mendaftar ke universitas-universitas yang ada di Turki. Berikut ini adalah daftar universitas di Turki terbaik yang dikenal karena menawarkan berbagai kesempatan beasiswa yang menarik

1. Middle East technical University (METU)

METU adalah universitas yang terletak di Ankara ibu kota negara Turki, dan merupakan salah satu universitas yang sangat tersohor di Turki. Universitas ini didirikan pada tahun 1956, METU dikenal dengan keunggulan dalam bidang teknik, ilmu sosial dan ilmu pengetahuan alam. Universitas ini memainkan peran penting dalam mengembangkan infrastruktur pendidikan timggi di Turki dan telah menjadi pusat keunggulan akademik serta inovasi.

 

Keunggulan lainnya dari Universitas ini adalah METU terkenal dengan kurikulumnya yang berorientasi pada penelitian dan pengembangan teknologi. METU juga satu diantara daftar universitas di Turki yang memberikan berbagai kesempatan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini seringkali mencakup pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup. Terdapat subsidi biaya pendidikan sebesar 50% – 100%.

 

Metu dilengkapi dengan fasilitas modern dan laboratorium canggih ynag mendukung  aktivitas riset dan pengembangan, yang merupakan pusat-pusat penelitian. Penelitian-penelitian yang dilakukan juga dipimpin oleh para ahli di bidangnya, dan METU juga memberikan para mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam proyek yang inovastif dan berkontribusi pada penemuan-penemuan baru. Untuk itu bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar ke Universitas ini, kamu perlu mengetahuinya lebih dalam.

 

Program-program Middle East Technical University (METU)

  • Faculty of Architecture
  • Faculty of Economic and Administrative Sciences
  • Faculty of Education
  • Faculty of Engineering
  • Graduate School of Applied Mathematics
  • Graduate School of Informatics
  • Graduate School of Marine Sciences (Institute of Marine Sciences – IMS)
  • Graduate School of Natural and Applied Sciences
  • Graduate School of Social Sciences

Syarat Pendaftaran

Untuk Program Sarjana

  • Pas foto berwarna dan berukuran 4.5 x 6 cm terbaru
  • Paspor
  • Ijazah SMA yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Turki
  • Transkip nilai
  • Hasil ujian SAT, GCE dan internasional baccalaureate atau yang lain yang setara dengan ujian-ujian tersebut

Untuk Program Master

  • Membayar biaya pendaftaran sejumlah TRY 250
  • Sertifikat kecakapan bahasa inggris (METU – EPE, TOEFL IBT, IELTS, PTE)
  • Lulus skor ujian (GRE/GMAT)
  • 2 surat rekomendasi
  • Transkrip nilai
  • Intention letter
  • Recognition letter

2. Koc University

Koc University yang ada di Istanbul ini adalah salah satu universitas swasta yang terkemuka di Turki. Universitas ini menonjolkan lingkungan belajar yag multikultural dan iklusif serta berbagai program studi yang luas. Koc university menawarkan program sarjana dan pascasarjana yang mencangkup bidang-bidang seperti ilmu humaniora, ilmu eksakta dan teknik, bisnis, hukum serta kedokteran. Mahasiswa internasional universitas Koc dapat mengakses berbagai kesempatan untuk meraih beasiswa, baik untuk mengcover biaya pendidikan maupun biaya hidup selama di Turki.

Universitas ini juga dikenal dengan fasilitas modern serta komitmen terhadap pengembangan kepemimpinan serta kewirausahaan diantara mahasiswanya. Dengan kurikulum yang berfokus pada pengembangan keterampilan professional dan akademik, Koc university memberikan dasar yang kuat bagi kesuksesan karir untuk para alumninya.

Koc menjadi salah satu diantara banyaknya daftar universitas di Turki yang memberikan beasiswa penuh. Untuk cakupan beasiswa yang diberikan berbeda di setiap jenjang pendidikan yang diambil, untuk sarjana akan diberikan biaya pendidikan sebesar 25%-100% tergantung pada capaian akademik serta ekstrakurikuler yang diambil. Sedangkan untuk jenjang master, diberikan subsidi biaya pendidikan 100 %, dan biaya hidup sebesar TRY 4.000/bulan, asrama mahasiswa, beberapa asuransi Kesehatan, serta biaya transportasi untuk kehadiran diacara saintifik yang diadakan satu kali pertahunnya, kemudian untuk beasiswa program doktor semuanya hampir sama dengan program master, hanya saja biaya hidup yang diberikan untuk program dokteor lebih besar, yaitu sebesar TRY 8.000 per bulan.

Program-Program yang ditawarkan oleh Koc University

  1. College of Administrative Sciences and Economics (CASE)
  2. College of Sciences (CS)
  3. College of Social Sciences and Humanities (CSSH)
  4. College of Engineering (CE)
  5. Law School
  6. School of Medicine (SOM)
  7. School of Nursing (SON)
  8. Graduate School of Business (GSB)
  9. Graduate School of Sciences & Engineering (GSSE)
  10. Graduate School of Social Sciences & Humanities (GSSSH)
  11. Health Sciences Institute (GSHS)

Syarat pendaftaran

  1. Mengisi formular pendaftaran mahasiswa baru
  2. Ijazah pendidikan terakhir
  3. Sebuah motivation letter
  4. 2 surat rekomendasi
  5. Sertifikat kecakapan bahasa inggris
    1. TOEFL iBT 80/120 dan TOEFL paper based test 550
    2. Cambridge certificate of advances english (CAE) grade C
    3. Cambridge certificate of proficiency in english (CPE) grade C
    4. Pearson PTE academic 67
    5. YDS 80
    6. Turkish profieciency untuk mendaftar program hukum
  6. Membayar pendaftaran sebesar TRY 250
  7. Aktif mengikuti organisasi / ekstrakurikuler
  8. Memiliki salah satu kualifikasi (SAT, AP, ACT, A-levels, IB, EB, MCAT)
  9. Mengirim video interview

Bilkent University

Seperti halnya dengan METU, Bilkent University terletak di Ankara. Bilkent merupakan universitas swasta yang terkenal di Turki dengan reputasi yang kuat dalam ilmu pengetahuan, teknik, seni, serta humaniora. Kemudian universitas ini menawarkan program – program pendidikan yang berorientasi pada penelitian dan pengembangan inovatif.

Program – Program di Universitas Bilkent diantaranya adalah:

  • Faculty of Art (Design and Architecture)
  • Faculty of Business Administration
  • Faculty of Economics (Administrative and Social Sciences)
  • Faculty of Education
  • Faculty of Engineering
  • Faculty of Humanities and Letters
  • Faculty of Law
  • Faculty of Music and Performing Arts
  • Faculty of Science
  • School of Applied Languages
  • School of Applied Technology and Management
  • Vocational School of Computer Technology and Office Management
  • Vocational School of Tourism and Hotel Services

 

Bilkent university memiliki banyak fasilitas dan laboratorium-laboratorium canggih yang mendukung aktifitas penelitian serta pembelajaran tingkat tinggi. Mahasiswa universitas Bilkent sering mandapat akses beasiswa, termasuk beasiswa akademik dan beasiswa untuk kebutuhan finansial. Disisi lain universitas ini juga aktif mengmebangkan kemitraan internasional dengan program pertukaran, memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar internasional serta memperluas jaringan professional ditingkat global.

Syarat pendaftaran Bilkent University

  1. Mendaftar secara online
  2. Memiliki salah satu sertifikasi ujian (SAT, GCE A-Level minimal C serta IB)
  3. Untuk program master dan doktor GPA minimal 2.50
  4. GRE minimal 298
  5. Sertikat kecakapan bahasa inggris (TOEFL iBT 87, dan IELTS 6.5)
  6. Ijazah
  7. Transkrip nilai
  8. 3 surat rekomendasi

Dengan begitu kamu bisa memilih dimana kamu akan belajar di Turki dengan melihat daftar universitas di Turki terbaik. Untuk dapat mendapatkan beasiswa di universitas-universitas tersebut kamu perlu menyiapkan apa saja yang menjadi persyaratan. Salah satunya adalah kecakapan bahasa inggris. Untuk bisa mendapatkan skor kecakapan bahasa inggris yang baik dan tinggi seperti yang telah disepakati dipersyaratan kamu perlu mengikuti kursus TOEFL dan IELTS.

Hal ini dikarenakan dari semua universitas tersebut memiliki persyaratan skor TOEFL yang cukup tinggi. Dengan mengikuti kursus TOEFL dan IELTS kamu akan memiliki pemahaman bahasa inggris yang lebih baik, dan dapat mengerjakan tes TOEFL maupun IELTS dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Karena hanya dengan kursus kamu akan mendapatkan pembelajaran materi TOEFL maupun IELTS dengan lengkap dan metode pembelajaran serta trik mengerjakan tes TOEFL maupun IELTS dengan baik.

Oleh karena itu kamu bisa mempersiapkan semuanya mulai dari sekarang, tentukan dimana kamu akan mengenyam pendidikan serta belajarlah dengan giat. Untuk informasi lebih lanjut tentang kursus TOEFL dan konsultasi kuliah di Turki kamu bisa mengunjungi website kami dibawah ini.

Share this:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
× Chat admin